Karakteristik Mahasiswa/i yang Bertanggung Jawab

Posted: May 31, 2011 in Pendidikan Kewarganegaraan

Mahasiswa merupakan tingkatan pelajar yang telah memasuki periode di mana pada usianya mahasiswa dapat melakukan pilihan tindakan yang bertanggung jawab dan cenderung tidak bergantung oleh siapapun. Karena itulah pendidikan moral dan akademis sangatlah menunjang pribadi seorang mahasiswa. Kepribadian mahasiswa akan berkembang seiring dengan proses pembenahan, pembekalan, penentuan, dan akhirnya penentuan prinsip diri bagi mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa ia harus bisa bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri terlebih dahulu dengan cara:

  • Sebisa mungkin mengerjakan tugas-tugas kampus yang diberikan dosen, dan
  • Mengubah pola pikirnya. Pola pikir pelajar dan mahasiswa sangatlah berbeda. Jika seorang mahasiswa masih terbawa oleh pola pikirnya sebagai seorang pelajar, ini tentu akan menyulitkan dirinya sendiri dan orang lain.

Setelah mampu bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, barulah ia dapat memahami akan tanggung jawabnya sebagai warga negara karena mahasiswa pun juga bagian dari warga negara yang harus bertanggung jawab akan kelangsungan hidup negaranya. Sebagai warga negara mahasiswa dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan cara:

  • Membela negaranya apabila negaranya berada dalam bahaya, dan
  • Ikut serta menegakkan keadilan

DAFTAR PUSTAKA

http://gebe.blogdetik.com/tanggung-jawab-seorang-pelajar/

Leave a comment